Tuesday, August 3, 2010

SALT bukan GARAM

Halooo.

Sudah lama tidak posting. Maaf ya.

Jadi hari ini saya ingin membahas tentang SALT. Apa itu SALT? Ya saya tahu itu artinya GARAM, tapi bukan itu yang saya maksud. Silahkan dibaca...

POSTER


THEATRICAL POSTER




http://c0181321.cdn.cloudfiles.rackspacecloud.com/PHcSFlgiflzXfk_1_m.jpg
THEATRICAL POSTER


OFFICIAL WEBSITE
http://www.whoissalt.com

Salt adalah sebuah film Action-Thiller yang disutradarai oleh Phillip Noyce, naskahnya ditulis oleh Kurt Wimmer dan Brian Helgeland, dan dibintangi oleh Angelina Jolie, Liev Schreiber, dan Chiwetel Ejiofor. Jolie berperan sebagai Evelyn Salt, yang dicurigai sebagai agen KGB dan mencoba untuk membersihkan namanya.

Pengambilan gambar mengambil tempat di Washington, DC, New York City dan Albany, NY antara bulan Maret sampai Juni 2009. Jolie dibawa ke rumah sakit setelah menderita cedera di kepala saat pengambilan gambar dan keluar dari rumah sakit di hari yang sama. Film ini akan diliris di Amerika Utara pada tanggal 23 July 2010; Dirilis tanggal 20 Agustus 2010 di Britania Raya.

PLOT

Evelyn Salt (Jolie), seorang agen CIA, menginterogasi seorang pembelot Russia, Orlov (Olbrychski) yang menceritakan tentang "Hari X", sebuah operasi yang direncanakan oleh seorang Rusia sejak Perang Dingin, yang akan mengakibatkan kehancuran Amerika Serikat. Orlov juga menyebutkan bahwa pada pemakaman Wakil Presiden di New York, yang dihadiri oleh Presiden Rusia akan dibunuh oleh seorang mata-mata Rusia terlatih bernama Evelyn Salt.

Salt, yang terkejut dengan tuduhan itu, berusaha untuk menghubungi suaminya Mike (Diehl) yang seorang Arachnologist karena khawatir dengan keselamatan suaminya. Sementara itu, Orlov kabur, mendorong Salt untuk melarikan diri dan menyebabkan CIA berpikir bahwa Salt adalah mata-mata. Dia melarikan diri kembali ke apartemennya dan tidak menemukan suaminya. Dia mengambil kebutuhannya dan racun laba-laba untuk melarikan diri. Setelah berhasil keluar dari pengejaran di jalan raya, Salt naik bus ke New York.

Keesokan paginya, dia menyelinap ke Gereja St. Bartholomew dimana upacara pemakaman Wakil Presiden berlangsung dan menembak Presiden Rusia dengan racun laba-laba. Dia kemudian bertemu Peabody dan menyerah tapi berhasil kabur dari NYPD.

Flashbacks pun terjadi, menceritakan saat Salt tumbuh besar di Uni Soviet dimana Orlov mengajarinya dan anak-anak lain untuk mematuhi dirinya. Lalu, ketika Hari X itu tiba, Orlov akan memerintahkan untuk menyerang dari berbagai posisi di Amerika Serikat.

Salt menemui Orlov yang mengucapkan selamat atas keberhasilannya membunuh Presiden Rusia. Lalu Orlov membawa Salt ke sebuah perahu dan menguji kesetiaan Salt dengan membunuh suami Salt yang diculik di depan matanya. Salt tampaknya tidak terpengaruh oleh itu, sehingga lulus uji dari Orlov. kemudian Orlov menceritakan tentang rencana bagian kedua Hari X, yaitu merebut kendali senjata nuklir Amerika Serikat. Salt, yang mendatangi Orlov hanya untuk mengetahui rencana selanjutnya kemudian membunuh Orlov dan semua orang di perahu. Salt kemudian pergi ke tempat pertemuan yang telah diatur oleh Orlov untuk menemui orang-orang NATO.

Orang-orang NATO dan Salt menyamar dan masuk ke gedung Putih. begitu masuk, mitra NATO nya tiba-tiba mulai menembaki para agen Secret Service dan meledakkan diri. Secret Service bersama dengan Winter berusaha melindungi Presiden untuk masuk ke bunker bawah tanah di Gedung Putih. Sementara itu, Presiden percaya bahwa Rusia sedang mempersiapkan rencana serangan nuklir terhadap Amerika Serikat dan mulai mengaktifkan kode peluncuran senjata nuklir. Salt berhasil menyelinap masuk ke bunker dan melumpuhkan beberapa pengawal Presiden. Winter mengambil pistol dan membunuh semua orang kecuali Presiden dan hanya membuat pingsan Presiden.

Winter menjelaskan kepada Salt yang terlihat bingung, bahwa dirinya juga bagian dari rencana Orlov. Winter akan meluncurkan senjata nuklir itu ke dua kota umat Muslim. Salt meminta Winter membiarkan dia masuk, tapi sebelum Winter membuka pintu, sebuah program berita menyatakan bahwa Presiden Rusia belum mati, tetapi hanya hampir mati akibat racun laba-laba. Winter menyadari bahwa ternyata Salt tidak berada di pihaknya, tetapi Salt berhasil masuk dan setelah pertarungan sengit, Salt berhasil menjatuhkan Winter dan menghentikan peluncuran senjata nuklir yang dibuat oileh Winter, namun setelah itu para agen masuk dan menangkap Salt. Winter bebas tapi Salt akan menggunakan rantai yang memborgolnya untuk membunuh Winter.

Salt dibawa ke helikopter bersama dengan Peabody dan menjelaskan semuanya kepada Peabody. Peabody akhirnya mempercayai cerita Salt setelah dia menerima SMS yang menyatakan bahwa sidik jari Salt ditemukan di tempat tewasnya Orlov dan membenarkan pengkhianatannya terhadap Orlov. Mereka berdua tahu bahwa ada orang-orang seperti Winter diluar sana, dan Peabody setuju untuk membiarkan Salt bebas, jadi Salt dapat menemukan dan membunuh mereka. Peabody melepaskan borgol di tangan Salt dan Salt melompat ke sungai di bawah helikopter. Sekali lagi, Salt berhasil melarikan diri.

CAST
http://turbo.inquisitr.com/wp-content/2010/07/angelina-jolie_salt.jpg
Angelina Jolie as Evelyn Salt

Liev Schreiber as Ted Winter

http://www.poptower.com/pic-15331/chiwetel-ejiofor.jpg?w=450&h=450
Chiwetel Ejiofor as Peabody

http://www.e-teatr.pl/pl/zdjecia/aktorzy_bez_etatu/olbrychski_daniel_pap.jpg
Daniel Olbrychski as Orlov


August Diehl as Mike Krause


http://media.linkara.com/_images_/verticales/3/7/f/d/imagen_olek_krupa_0102_0.jpg
Olek Krupa as Matveyev

http://www.greenwichtime.com/mediaManager/?controllerName=image&action=get&id=213415&width=628&height=471
Hunt Block as Lewis

TRAILER


CRITICAL RECEPTION

Rotten Tomatoes: "Angelina Jolie gives it her all in the title role, and her seasoned performance is almost enough to save Salt from its predictable and ludicrous plot."Kirk Honeycutt of the Hollywood Reporter: "While preposterous at every turn, Salt is a better Bond movie than most recent Bond movies, as its makers keep the stunts real and severely limit CGI gimmickry."

Roger Ebert of the Chicago Sun-Times: "Salt is a damn fine thriller. It's gloriously absurd. This movie has holes in it big enough to drive the whole movie through. The laws of physics seem to be suspended here the same way as in a Road Runner cartoon."

KOMENTAR SAYA


Jadi, saya sendiri baru saja menonton film ini bersama teman-teman tadi siang. Film ini nontonnya mesti mikir supaya ngerti jalan ceritanya. Kalau anda orang yang malas mikir sebaiknya jangan nonton film ini.


Tapi ini sebuah film yang sangat sayang untuk dilewatkan, segera tonton film ini sebelum basi.

Regards.
@rizkynawan

No comments:

Post a Comment